Mangga Kyojay

Aris. D 05 November 2019 10:48:07 WIB

Mangga Kyojay  adalah salah satu jenis varietas mangga unggulan yang berasal dari negara Thailand. Meskipun begitu, bisa dibilang varietas mangga kiojay masih relatif baru, Yang nyatanya bisa memberikan hasil memuaskan karena ukuran buahnya begitu besar dan jumbo. Buah ini mempunyai berat rata-rata 2kg lebih perbuahnya. Selain ukurannya, yang lebih mengejutkan ternyata rasanya juga manis, dagingnya tebal dan legit. Harga mangga kiojay bisa mencapai Rp.30.000/kg, sehingga perbuahnya bisa sampai Rp. 50.000/kg.

Sebetulnya mangga kiojay sudah lama dikenal masyarakat Indonesia, baik karena ukurannya yang besar maupun karena rasanya yang manis dan legit. Mangga jenis ini sebaiknya dipetik dan dikonsumsi saat hampir matang (80%), karena apabila dipetik dan dikonsumsi saat matang (100%) rasanya akan terlalu masak dan kurang renyah.

Jika kita jeli dan bisa membaca peluang maka sebetulnya menanam dan membudidayakan tanaman mangga kiojay ini cukup menjanjikan, ingat harga jual buahnya saja cukup tinggi. Kita hanya perlu menanam, merawat dan berinvestasi sekali saja tapi keuntungan bisa berlipat-lipat.

Spesifikasi Mangga Kiojay 

  • Nama latin atau nama ilmiah : Mangifera indica
  • Asal usul buah mangga : Negara Thailand
  • Sifat-sifat dan keunggulan bibit Mangga: Indukan bibit mangga ini kebanyakan mempunyai berat dari 1,2 kg-1,8 kg, malahan bisa mencapai berat 2 kg. Yang lebih menakjubkan meski ukuran buahnya jumbo namun rasa buah mangga ini manis dan juga harum
  • Sifat dan Syarat tumbuh Bibit Mangga Kiojay : Bibit bisa tumbuh maksimal di daerah dengan cuaca yang panas. Perawatannya sangat mudah, penanaman sangat fleksibel bisa ditanam di pot atau di tanah biasa.
  • Umur Berbuah Bibit Mangga Kiojay : 2 – 3 tahun Setelah dipindahkan dari polybag
  • Cara Pembibitan bibit dari kami : Okulasi
  • Tabulampot : Sangat Bisa
  • Tanah biasa : Sangat Bisa

Tertarik membudidayakan mangga jenis ini? Berikut ini langkah demi langkah budidaya mangga kiojay, silahkan disimak.

Budidaya Mangga Kiojay

Waktu yang tepat dalam membudidayakan mangga jenis ini adalah pada saat musim kemarau, karena mangga asal Thailand ini tumbuh secara maksimal di cuaca yang bersuhu panas. sebaliknya cuaca yang mendung ditambah curah hujan yang tinggi, akan berdampak pada pertumbuhan pohon mangga Kiojay ini tidak bisa tumbuh secara optimal.

 

Jika ditanam ditanah atau metode tanam konvensional mangga kio jay ini bisa dipanen secara maksimal pada umur 2–3 tahun pasca penanaman. Sedangkan jika ditanam dalam pot bisa lebih cepat dengan catatan dilakukan perawatan dan pemupukan secara berkala.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi BANJAREJO

tampilkan dalam peta lebih besar