Pembangunan Pertashop di Ngleses Kalurahan Banjarejo

Masmin2 23 Februari 2021 20:00:12 WIB

BANJAREJO ( SIDA ) Pagu anggaran Dana Desa sudah sejak tahun 2020 yang lalu diwajibkan untuk dialokasikan dalam usaha mengatasi masalah Pandemi covid-19, dengan prosentase sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Mulai dari pemberian BLT ( Bantuan Langsung Tunai ) Pengadaan masker, pemberian disinfektan dan lain sebagainya. Apabila hal ini masih akan berlanjut untuk beberapa tahun ke depan, Pemerintah Kalurahan akan mengalamai banyak penundaan untuk kegiatan kegiatan yang tadinya telah direncanakan dalam RPJM kaluahan, dikarenakan alokasi pagu anggaran telah diserap untuk penanganan pandemi tersebut.

Hal yang dapat dilakukan dan untuk mengatasi masalah tersebut adalah peningkatan PAD ( Pendapatan Asli Desa ). Pendapatan Asli Desa yang sampai saat ini direkomendasikan oleh pemerintah Pusat adalah penguatan BUMDes agar dapat lebih mandiri dan lebih banyak menjalankan usaha usaha yang nantinya dapat memberikan tambahan PAD serta meningkatkan Kesejahteraan masyarakat.

Langkah nyata Pemerintah Kalurahan Banjarejo dalam usaha meningkatkan Pendapatan Asli Desa ( PAD ) mulai dijalankan pada tahun 2021 ini, BUMDes BANJARJAYA yang telah terbentuk pada tahun 2019 silam menggandeng CV Wijaya Putra membangun dan mengoperasikan Pertashop yang berlokasi di Ngleses yang masih masuk dalam wilayah Padukuhan Wonosobo I, Kalurahan Banjarejo, Kapanewon Tanjungsari. Langkah tersebut diambil dikarenakan di lokasi tersebut merupakan jalur utama Pariwisata Pantai di Gunungkidul, serta diharapkan nantinya akan mempermudah para wisatawan dalam mencukupi kebutuhan bahan bakar untuk kendaraanya serta mempermudah pula para nelayan dalam mencukupi kebutuhan operasionalnya dengan harga yang terjangkau sesuai dengan harga resmi dari pertamina. 

Pembangunan Pertashop ini merupakan fokus Utama BUMDes BANJARJAYA dan Pemerintah Kalurahan Banjarejo dalam usaha untuk meningkatkan PAD nya. Walaupun selain pertashop tersebut, BUMDes BANJARJAYA juga mempunyai berbagi usaha lain yang diharapkan dapat menjadi jawaban berbagai masalah terutama di bidang sosial ekonomi yang sampai saat ini masih menjadi masalah ditengah masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung