PEMANFAATAN TEMPURUNG KELAPA MENJADI BRIKET

Tukang Input 14 Juli 2020 21:35:57 WIB

Indonesia adalah negara teropis yag dikaruniai pohon kelapa yang sangat melimpah. Pohon kelapa sendiri memiliki banyak manfaat dan kegunaan, baik dari pohonnya hingga buahnya. Meskipun saat ini sudah banyak yang melakukan pengelolaan terhadap pohon kelapa namun terdapat beberapa potensi dari kelapa yang belum di optimalkan dan dimanfaatkan dengan baik, terutama dalam pemanfaatan limbah kelapa. Sala satu peanfaatan limbah padat kelapa adalah dengan memanfaatkannya menjadi bahan bakar alternatif. Ssalah satu bentuk pemanfaatannya adalah briket arang. Briket adalah sebuah blok bahan yang dapat menjadi bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan api. Berikut adalah cara dan bahan yang diperlukan untuk membuat briket tempurung kelapa:

Alat dan Bahan :

Tempurung Kelapa

Tepung Kanji

Air

Pipa paralon

Caa membuat :

Pegarangan

Serbuk gergaji dan tempurung kelapa dibuat arang dengan pengarangan manual (dibakar).

Pengayakan

Pengayakan dilakukan untuk menghasilkan serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang lembut dan halus. Arang serbug gergaji dan tempurung kelapa diayak dengan saringan ukuran kelolosan 50 mesh dan arang tempurung kelapa dengan ukuran 70mesh.

 

 

Pencampuran media

Arang serbuk gergaji, tempurung kelapa dan lem kanji (campuran tepung kanji dan air) dicampur dengan perbandingan serbuk gergaji 10% dan arang tempurung kelapa 90%. Pada saar pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5% dari seluruh campuran arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa.

Pencetakan Briket Arang

Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata selanjutnya dimasukan kedalam cetakan briket dan dikempa. Jemur diterik sinar matahari smapai benar benar kering. Setelah benar-benar kering brket baru dapat digunakan.

Pembuatan biriket denagn tempurung kelapa terhitung mudah dan sederhana namun memiliki banyak manfaat. Briket arang memiliki nilai ekonomis yang tinggi apabila dikemas dengan menarik dan selain itu briket tempurung kelapa ini memiliki paanas yang lebih tinggi, tidak berbagu dan memiliki aroma alami serta leboh tahan lama dibandinhkan dengan arang kayu. Selain itu briket juga memiliki kelebihan lain yaitu lebih tahan lama waktu simpannya dibandingkan dengan arang biasa. Selain itu penggunaan arang tenpurung kelapa ini membuat briket memiliki kalor pembakaran yang cukup tinggi dan juga asap yang lebih sedikit. 

Selain manfaat briket arang diatas, dengan kita memulai memanfaatkan tempurung kelapa sebagai bahan pembuatan briket arang kita dapat meningkatkan pemanfaatan limbah hasil hutan sekaligus mengurangi pencemaran udara karena asap yang ditimbulkan dari pembakaran briket lebih sedikit dibandingkan dengan pembakaran menggunakan arang kayu. Selain itu penggunaan briket sebagai bahan bakar alternatif kita juga bisa menghemat pengguaan kayu sebagai hasil utama hutan sehingga kita dapat meminimalisis penebangan hutan dan ikut serta dalam usaha pelestarian lingkungan. 

[Disusun oleh Sub Unit 3 Tim KKN UGM Tanjungsari 2020]

 

Sumber:

https://jualmesinbriketarang.wordpress.com/tag/cara-membuat-briket-arang-tempurung-kelapa/

Anggoro, DD. dkk.2017. Pembuatan Briket Arang dari Campuran Tempurung Kelapa dan Serbuk Gergaji Kayu Sengon. Ejournal.undip. [Internet].[diunduh 2020 Juli 08]. 38 (2), 2017. 76-80. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/322225858_Pembuatan_Briket_Arang_Dari_Campuran_Tempurung_Kelapa_dan_Serbuk_Gergaji_Kayu_Sengon/link/5a4ce023a6fdcc3e99d127c6/download

 

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi BANJAREJO

tampilkan dalam peta lebih besar