Maju dan Mandiri Bersama BUMDes

Tukang Input 08 Juli 2020 11:57:58 WIB

BANJAREJO ( SIDA ) setelah dikeluarkannya Permendesa PDTT nomor 4 tahun 2015 tentang BUMDes, memberikan amanah baru kepada seluruh desa yang ada di Indonesia untuk mendirikan BUMDes. Tujuan utama dari regulasi tersebut adalah menindaklanjuti dari kewenangan yang telah diberikan kepada desa dalam mengatur rumah tangga pemerintahannya sendiri. Dengan dikeluarkannya permendes tersebut, diharapkan seluruh desa dapat lebih maju dan mendapatkan PADes dari sumber usaha yang dijalankan oleh BUMDes.

Di Kalurahan Banjarejo yang merupakan salah satu bagian dari wilayah Kapanewon Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul, amanah tersebut segera disikapi dengan mendirikan BUMDes. Pada pertengahan tahun 2019 silam, Pemerintah Kalurahan Banjarejo mulai melaksanakan tahapan demi tahapan dalam mendirikan BUMDes. Hingga akhirnya menjelang akhir tahun 2019, BUMDes di Banjarejo lahir dan diberikan nama "BANJARJAYA".

Melihat potensi serta peluang yang ada di wilayah Banjarejo, untuk tahun-tahun pertama perjalanan usaha BUMDes BANJARJAYA memprioritaskan pada sektor Pariwisata dan Perdagangan. Untuk sektor pariwisata, BUMDes BANJARJAYA bekerjasama dengan pokdarwis yang ada di Pantai Drini dalam mengelola lahan parkir. Kerjasama ini dijalin dikarenakan salah satu tujuan dari BUMDes sesuai dengan regulasinya adalah tidak mematikan usaha yang telah ada. Pada sektor perdagangan, BANJARJAYA mendirikan Toko ATK dan jasa fotocopy. Jenis usaha ini dipilih, dikarenakan potensi akan kebutuhan ATK dari Pemerintah Kalurahan cukup banyak selama satu tahun. Selain itu, di sekitar lingkungan Kantor Kalurahan juga tedapat Sekolah Dasar serta PAUD. Hal tersebut sangat mendukung pendirian toko ATK, sebab belum terdapatnya Toko ATK serta jasa fotocopy di sekitar kantor kelurahan.

Di pertengahan tahun 2020, BUMDes BANJARJAYA mencoba mengembangkan usaha toko ATK nya dengan menyediakan minuman dingin, gas elpiji serta kebutuhan primer lain para pamong kalurahan. Dengan cara sederhana tersebut, omset dari BANJARJAYA perlahan mulai mengalami peningkatan yang nyata. Berkiblat dari progres kemajuan BUMDes serta melihat perdes dan AD/ART nya, para pengurus lebih semangat dalam mejalankan beberapa usaha yang ada serta rencana usaha lain yang telah tertuang pada Perdes BUMDes. Semoga dengan beberapa usaha serta kerja keras yang dilakukan oleh para pengelola dapat menghasilkan PADes yang benar-benar sesuai dengan tujuan didirikannya BUMDes tersebut. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi BANJAREJO

tampilkan dalam peta lebih besar