MONITORING DAN EVALUASI DANA DESA TAHAP I

Tugas input 2 09 November 2017 20:32:45 WIB

BANJAREJO ( SIDA ) – Pada hari ini Kamis ( 09/11/2017)bertempat di ruang rapat  Desa Banjarejo diadakan monitoring dan evaluasi penggunaan dana desa tahun 2017 tahap I dari BP3APK2BPMPD Kabupaten Gunungkidul. Pada acara ini, selain dihadiri oleh perwakilan dari BP3APK2BPMD Kabupaten gunungkidul, juga dihadiri oleh Bapak Camat Tanjungsari dan jajarannya, Babinkamtibmas , dan juga perangkat Desa Banjarejo. Acara ini dipandu langsung oleh Bapak Kepala Desa Banjarejo ( Bp Suradi ), setelah acara dibuka Bapak Kepala Desa memberikan sedikit uraian dari beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan, diantaranya pembangunan fisik, pelatihan keterampilan dan pengadaan sarana dan prasarana penunjang belajar mengajar.

Mendapatkan kesempatan untuk memberikan sambutan Bapak Camat Kecamatan Tanjungsari juga memberikan beberapa pengarahan dan evaluasi terhadap penggunaan dana Desa, Desa Banjarejo tahap I. Beliau di setiap kesempatan selalu wanti-wanti kepada seluruh Perangkat Desa Banjarejo untuk segera membentuk BUMDES ( Badan Usaha Milik Desa ) hal itu selalu beliau utamakan dikarenakan Dana Desa bukan hal yang abadi, tidak ada satu pihakpun yang berani menjamin bahwa Dana Desa akan ada untuk selamanya. Sehingga nantinya bila Dana Desa telah dihentikan oleh pemerintah, Desa Sudah mampu mandiri untuk memenuhi segala kebutuhan untuk pembangunan dan kesejahteraan warga nya.Beliau juga menyatakan bahwa Dana Desa untuk Desa Banjarejo tahun 2018 masih akan tetap sama dengan tahun ini yang mendapatkan kucuran dana dari pemerintah sebesar ± Rp 916.000.000,00.

Perwakilan dari BP3APK2BPMD pada kegiatan Monitoring dan evaluasi ini adalah Bapak Harto dan Bapak Broto, dan kebetulan sekali kedua perwakilan ini dalah salah satu tokoh dan pelaku yang telah sukses membangun BUMDES di masing-masing wilayahnya. Beliau berdua juga menekankan kembali pentingnya BUMDES untuk kesejahteraan Desa, sebagai salah satu contoh Bp harto memberikan gambaran untuk kegiatan yang dapat diprogramkan untuk BUMDES desa banjarejo. Beliau menggambarkan, waktu yang terbuang sia-sia oleh ibu-ibu yang  mengantarkan anaknya belajar di PAUD setiap harinya dapat lebih bermanfaat apabila para ibu-ibu tersebut diberikan keterampilan / skill yang dapat menghasilkan sebuah barang / produk yang dapat dikelola oleh BUMDES. Papar Bapak yang telah sukses mempelopori dan melaksanakan BUMDES di wilayah Bleberan.

Harapan dari semua pihak yang turut menghadiri acara ini adalah, penggunaan dana desa Desa Banjarejo dapat sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan nantinya apabila Dana Desa telah dihentikan oleh pemerintah, Desa Banjarejo dapat lebih mandiri dalam melaksanakan pembangunan dan juga meningkatkan kesejahteraan warganya melalui BUMDES.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi BANJAREJO

tampilkan dalam peta lebih besar